Jumat, 29 April 2016

Contoh RPP Fisika SMA Kelas X Kurikulum 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
                                                                                                                
Sekolah                       : SMAN 
Mata Pelajaran          : Fisika
Kelas/Semester           : X/1
Materi Pokok              : Pengukuran
Alokasi Waktu                        : 20 Menit

A.     Kompetensi Inti
K.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
K.2 Mengembangkan perilaku (jujur,    disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif), menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa, serta memosisikan diri sebagai agen transformasi masyarakat dalam membangun peradaban bangsa dan dunia
K.3 Memahami, menerapkan, dan  menjelaskan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untukmemecahkan masalah
K.4 Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang  dipelajarinya di sekolah  secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar
1.1     Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.1.           Memahami hakikat fisika dan prinsip – prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian dan aturan angka penting )
4.1 Menyajikan hasil pengukuran  besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah .

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menunjukan sikap bersyukur terhadap kebesaran Tuhan YME atas adanya berbagai ukuran sesuai dengan proporsinya.
2.      Menunjukan sikap disiplin dalam melakukan percobaan pengukuran
3.      Menunjukan sikap tanggung jawab dalam melakukan percobaan pengukuran
4.      Menunjukan sikap kerjasama  dalam melakukan percobaan pengukuran
5.      Menunjukan sikap teliti  dalam melakukan percobaan pengukuran
  1. Menunjukan kemampuan dalam menggunakan alat ukur besaran panjang, aeperti penggaris dan jangka sorong.
  2. Menunjukan kemampuan dalam mengukur besaran panjang dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan.
  3. Menunjukan kemampuan dalam membaca skala alat ukur panjang (penggaris dan jangka sorong)
  4. Menunjukan kemampuan dalam menyajikan data hasil pengukuran besaran panjang
  5. Mempresentasikan hasil pengukuran besaran panjang.




D.     Materi Pembelajaran
1.      Pengertian Pengukuran
Pengukuran sebenarnya merupakan proses pembandingan nilai besaran yang belum diketahui dengan nilai standar yang sudah ditetapkan.
2.      Alat Ukur Besaran Panjang
a.    Mistar
Pada mistar 30 cm terdapat dua gores/strip pendek berdekatan yang merupakan skala terkecil dengan jarak 1mm atau 0,1 cm.  Ketelitian mistar tersebut adalah setengah dari skala terkecilnya. Jadi ketelitian atau ketidakpastian mistar adalah (½ x 1 mm ) = 0,5 mm atau 0,05 cm
b.    Jangka Sorong
Jangka sorong terdiri atas dua rahang, yang pertama adalah rahang tetap yang tertera skala utama dimana 10 skala utama panjangnya 1 cm. Kedua rahang geser dimana skala nonius berada. 10 skala nonius panjangnya 0,9 cm sehingga beda panjang skala utama dan nonius adalah 0,1 mm atau 0,01 cm. Jadi skala terkecil pada jangka sorong 0,1 mm atau 0,01 cm sehingga ketelitiannya adalah  ( ½ x 0,1 mm ) = 0,05 mm atau 0,005 cm.

E.     Kegiatan Pembelajaran
·         Pertemuan Pertama

Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Fase 1 Orientasi Siswa Kepada masalah
·       Guru memberi salam dilanjutkan dengan menanyakan kabar peserta didik dan kesiapan belajar
·       Guru melakukan apersepsi yaitu dengan cara mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman peserta didik sebelumnya.
·       Peserta didik diperkenalkan topik pembelajaran melalui tanya jawab.
·       Peserta didik ditanya oleh guru mengenai cara mengukur suatu besaran fisika.
·       Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran yaitu melakukan pengukuran.
·       Peserta didik diperlihatkan beberapa alat ukur besaran panjang penggaris dan jangka sorong.
·       Peserta didik kembali ditanya “mengapa harus menggunakan penggaris dan alat ukur lainnya, padahal bisa juga menggunakan tangan (jengkalan)?”

3 menit
Kegiatan Inti
Fase 2 Mengorganisasikan siswa
·      Peserta didik dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil.
·      Peserta didik distimulus untuk bertanya.
·      Peserta didik diberikan permasalah untuk mendapatkan hasil pengukuran beberapa benda yang tersedia menggunakan alat ukur apa saja termasuk jengkalan.
·      Peserta didik dipersilakan untuk mengukur benda-benda yang telah disediakan.

15 Menit
Fase 3 Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
·      Peserta didik menganalisis benda-benda apa saja yang akan diukur dan memilih alat ukur.
·      Peserta didik dibimbing oleh guru selama kegiatan pengukuran.
·      Peserta didik melakukan pengukuran beberapa benda yang telah disediakan.
·      Peserta didik menuliskan hasil pengukuran pada lembaran laporan.
Fase 4 Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
·   Peserta didik mendiskusikan hasil pengukuran bersama anggota kelompok.
·   Peserta didik bersiap menyampaikan hasil pengukuran di depan kelas.
·   Salah satu kelompok diminta mempresentasikan hasil pengukuran yang dilakukan kelompoknya.
·   Peserta didik dilatih untuk trampil berkomunikasi dan meningkatkan percaya diri.
·   Peserta didik yang tidak presentasi dipersilakan untuk bertanya dan memberikan argumen.
·   Peserta didik berdiskusi antar kelompok.
·   Peserta didik dibimbing oleh guru selama proses diskusi agar aktif dalam diskusi.

Kegiatan Penutup
Fase5 Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
·   Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai hasil diskusi.
·   Peserta didik diajak melakukan refleksi terhadap seluruh proses pembelajaran dan hasil belajar yang mereka peroleh.
·   Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik.
·   Peserta didik ditugaskan untuk mengerjakan tugas sebagai evaluasi dari pembelajaran.
2 menit





F.      Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.      Teknik Penilaian
No
Aspek
Teknik
Bentuk Instrumen
1
Sikap
Observasi kegiatan diskusi
Lembar Observasi
2
Pengetahuan
Tes Tertulis
Soal pilihan ganda
3
Keterampilan
Penilaian Praktik
Lembar Pengamatan
2.      Instrumen Penilaian
a.       Penilaian Sikap: Lembar observasi sikap pada saat melakukan pengukuran benda di sekitar
b.      Penilaian Pengetahuan: Penugasan tentang pengukuran
c.       Penilaian Keterampilan: Lembar pengamatan keterampilan pada saat melakukan pengukuran benda di sekitar
3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.       Pembelajaran remedial dilaksanakan segera setelah diadakan penilaian bagi peserta didik yang mendapat nilai di bawah 75.
b.      Strategi pembelajaran remedial dilaksanakan dengan pembelajaran remedial, penugasan dan tutor sebaya berdasarkan indikator pembelajaran yang belum dicapai oleh masing-masing peserta didik.
c.       Peserta didik yang mendapat nilai diatas 75 diberikan tugas mengkaji materi penerapan pengukuran dalam kehidupan sehari-hari dan atau soal-soal higher ordered thinking.
4.      Kunci dan Pedoman Penskoran ( pada lampiran)
G.    Media/alat, bahan, dan sumber belajar
1.      Media/Alat       : Penggaris, Jangka sorong, spidol, papan tulis, proyektor, laptop.
2.      Bahan              : Beberapa benda yang ada di sekitar (penghapus, pensil, buku, dll)
3.      Sumber :
Subagya, Hari. n.d. Fisika SMA/MA Kelas X. Jakarta: Bumi Aksara dan Bahan bacaan yang relevan dari internet












Bandung, Juli 2015
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Dayeuhkolot                                         Guru Mata Pelajaran Fisika






       Jaenal Aripin, S.Pd,M.Mpd                                                                  Siti Sopiah Ulfah



LAMPIRAN


A.     Lembar Kegiatan Siswa

PENGUKURAN
1.      Tujuan
a.       Memilih alat yang sesuai untuk mengukur beberapa benda yang ada di sekitar
b.      Mengukur beberapa benda di sekitar
c.       Membaca skala yang terukur
d.      Menyajikan hasil pengukuran
2.      Alat dan Bahan
a.       Beberapa alat ukur (penggaris dan jangka sorong)
b.      Beberapa benda (seperti: penghapus, buku, dll)
3.      Prosedur Percobaan
a.    Menyiapkan alat dan bahan
b.    Memilih alat ukur yang sesuai untuk melakukan pengukuran
c.    Menyajikan hasil pengukuran pada tabel berikut.
No
Benda yang diukur
Besaran yang diukur
Alat ukur
Hasil Pengukuran beserta satuan































d.      Membuat kesimpulan dari pengukuran yang telah dilakukan.

B.     Instrumen Penilaian
1.      Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap



LEMBAR PENILAIAN PADA KEGIATAN DISKUSI
Mata Pelajaran         : Fisika
Kelas/Semester        : X / 1
Topik                      : Pengukuran
Indikator                 : Peserta didik menunjukkan perilaku kerjasama, rasa ingin tahu, santun, dan komunikatif sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
No
Nama Siswa
Kerjasama
Rasa ingin tahu
Santun
Komunikatif
Jumlah
1.
...................





2.


























Keterangan Pengisian Skor

ASPEK YANG DINILAI
KRITERIA
Menunjukkan sikap kerjasama

1.    Belum Menunjukkan sikap kerjasama pada saat diskusi
2.  Kadang Menunjukkan sikap kerjasama pada saat diskusi
3.  Sering Menunjukkan sikap kerjasama  pada saat diskusi
4.  Selalu Menunjukkan sikap kerjasama pada saat diskusi
Menunjukan sikap rasa ingin tahu
1.    Belum Menunjukkan sikap rasa ingin tahu pada saat diskusi
2.  Kadang Menunjukkan sikap rasa ingin tahu pada saat diskusi
3.  Sering Menunjukkan sikap rasa ingin tahu  pada saat diskusi
4.  Selalu Menunjukkan sikap rasa ingin tahu pada saat diskusi
Menunjukan sikap santun
1.    Belum Menunjukkan sikap santun pada saat diskusi
2.  Kadang Menunjukkan sikap santun pada saat diskusi
3.  Sering Menunjukkan sikap santun pada saat diskusi
4.  Selalu Menunjukkan sikap santun  pada saat diskusi
Menunjukan sikap komunikatif
1.    Belum Menunjukkan sikap komunikatif  pada saat diskusi
2.  Kadang Menunjukkan sikap komunikatif pada saat diskusi
3.  Sering Menunjukkan sikap komunikatif  pada saat diskusi
4.  Selalu Menunjukkan sikap komunikatif pada saat diskusi

2.      Instrumen Penilaian Pengetahuan
a.       Kisi-kisi Instrumen Tes
No
Indikator
Ranah
Soal
1.
Menentukan alat ukur yang tepat untuk mengukur suatu besaran fisika
C2
1-2
2.
Menggunakan Alat Ukur
C2
5
3.
Membaca Skala alat ukur dengan benar
C3
3-4

b.      Soal Tes
1.      Anggi mendapat tugas dari gurunya untuk membuat balok dengan panjang setiap rusuknya 10 cm. Menurutmu alat ukur manakah yang paling tepat agar andi dapat membuat balok sesuai dengan ukuran yang ditugaskan kepadanya?
a.       Penggaris
b.      Jangka Sorong
c.       Neraca
d.      Stopwatch
e.       Gelas Ukur


2.      Riki ingin membuat sebuah tabung dengan diameter dalah 4cm dan diameter luarnya 6cm. Alat ukur manakah yang tepat untuk mengukur kedua diameter itu?
a.       Penggaris
b.      Jangka Sorong
c.       Neraca
d.      Stopwatch
e.       Gelas Ukur
3.     
Gambar di bawah ini menunjukan pengukuran lebar balok menggunakan jangka sorong. Lebar balok adalah….
a.       1,39 cm
b.      1,54 cm
c.       1,98 cm
d.      2,08 cm
e.       3,02 cm
4.     
Untuk mengukur diameter dalam sebuah gelas dengan jangka sorong seperti pada gambar!

Diameter dalam gelas adalah…..
a.       0,80 cm
b.      0,83 cm
c.       1,67 cm
d.      2,20 cm
e.       2,27 cm
5.      Perhatikan pernyataan berikut!
(1)   Geser rahang ke kanan
(2)   Buka kunci
(3)   Tutup Kunci
(4)   Geser rahang ke kiri
(5)   Masukkan benda
Urutan menggunakan jangka sorong yang tepat adalah
a.       (2)-(5)-(4)-(1)-(3)
b.      (2)-(4)-(5)-(1)-(3)
c.       (2)-(1)-(5)-(4)-(3)
d.      (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
e.       (1)-(2)-(5)-(4)-(3)
C.     Kunci Jawaban
1.      a
2.      b
3.     
c
4.      b
5.      c

3.      Instrumen Penilaian Keterampilan Praktikum

No
Nama Siswa
Persiapan
Pelaksanaan
Kegiatan Akhir
Jumlah Skor
1.
..............




2.
...........

















Rubrik
No
Keterampilan yang dinilai
Skor
Rubrik
1
Persiapan
30
-    Alat-alat yang akan digunakan tertata dengan rapi
-    Alat-alat yang akan digunakan dalam keadaan siap pakai
20
Ada 1 aspek yang tersedia
10
Tidak ada aspek yang tersedia
2
Pelasanaan
30
-     Memilih bahan untuk diukur
-     Memilih Alat ukur yang sesuai
-     Membaca skala secara benar
20
Ada 2 aspek yang tersedia
10
Ada 1 aspek yang tersedia
3
Kegiatan Akhir
30
-   Membuat laporan hasil praktikum
-   Membersihkan alat dan bahan yang telah digunakan
-   Membereskan kembali alat dan bahan yang telah digunakan
20
Ada 2 aspek yang tersedia
10
Ada 1 aspek yang tersedia




Tidak ada komentar:

Posting Komentar